h1

Heboh Harga Tokek

September 27, 2009
Pantas Saja Harga Tokek Bisa Selangit!

Jumat, 25 September 2009 | 20:35 WIB

KOMPAS.com — Dengan iming-iming akan mendapatkan keuntungan besar, seorang pemuda bernama Firdaus (21) dalam satu tahun terakhir telah menggeluti bisnis jual beli binatang yang kabarnya dapat menyembuhkan HIV/AIDS itu.

“Saya sudah 1 tahun bisnis tokek. Awalnya saya kenal sama seseorang bernama Mat Nur, lalu kita diskusi bagaimana caranya dapat duit banyak. Terus saya dengar tokek harganya mahal, ya udah sejak itu saya cari tokek dan saya jual-beliin deh,” kata Firdaus saat ditemui Kompas.com di kediamannya di Kawasan Cipete Selatan, Jakarta, Jumat (25/9).

Untuk memelihara tokek-tokek itu, Firdaus mengaku tidak pernah mengalami kesulitan. Pasalnya, memelihara tokek, menurutnya, tidaklah sulit. Selain itu, ongkos makan juga tidak mahal. “Ternak tokek sebenarnya gampang. Satu minggu kita cuma kasih dia makan jangkrik seharga Rp 5.000 sebanyak dua kali. Artinya satu tokek seminggu biaya makannya Rp 10.000,” katanya.

Jumlah tokek yang dimiliki Firdaus saat ini delapan ekor. Dari delapan tokek yang dimilikinya, berat maksimal adalah 2 ons, sedangkan yang paling ringan 1 ons. Meski telah 1 tahun berbisnis tokek, Firdaus mengaku belum pernah merasakan menjual tokek dengan harga yang fantastis. Harga tertinggi yang pernah didapatkan hanya Rp 2 juta. Ini karena tokek yang dimilikinya hanya memiliki berat maksimal 2 ons.

“Susah cari tokek yang besar. Tokek besar banyaknya di daerah, kalau di Jakarta jarang. Paling ada kecil-kecil,” katanya. Harga tokek bervariasi. Sementara itu, mengenai harga jual tokek di pasaran, menurut pria bujang ini, tergantung berat tokek itu sendiri. Semakin besar atau berat tokek, harganya makin mahal.

“Kalau tokek ukuran 1 ons di pasaran bawah (bukan harga dari eksportir) Rp 100.000, kalau tokek 1,5 ons Rp 200.000, tokek ukuran 2 ons Rp 500.000 sampai Rp 2 juta. Tokek 2,5 ons harganya antara Rp 5 juta dan Rp 30 juta,” paparnya.

Menurutnya, harga tokek mulai beranjak tinggi jika memiliki berat di atas 3 ons. Harga tokek dengan berat 3 ons sendiri, menurutnya, memiliki harga dari Rp 30 juta hingga Rp 100 juta-an, sedangkan tokek dengan berat 3,5 sampai 4 ons biasa dihargai dengan Rp 100 juga hingga Rp 800 juta. “Harganya bervariasi karena tiap bos beda harganya,” ujarnya.

Binatang sensitif

Lebih lanjut, Firdaus mengatakan, tokek merupakan jenis binatang yang cukup sensitif. Reptil yang masuk golongan cicak besar, suku Gekkonidae, ini gampang stres.

“Kalau dibawa pindah dari satu tempat ke tempat lain akan kelihatan. Pernah teman saya bawa dari Padang ke Jakarta buat dijual. Dari Padang beratnya 7 ons. Eh pas sampai Jakarta beratnya turun jadi 2 ons. Ternyata pas ditanya ke orang yang ngerti, itu gara-gara stres. Malah yang lebih parah lagi, teman saya bawa (tokek) dari Tanah Abang (Jakarta Pusat) ke Pasar Minggu. Eh pas sampai tujuan tokeknya mati. Akhirnya gagal dijual,” ungkapnya.

Menurut Firdaus, tokek adalah binatang yang sejak dulu dikenal dapat menjadi obat. Daging tokek, menurutnya, dipercaya banyak orang merupakan obat gatal. Begitu juga dengan darah dan empedu tokek.

“Konon, empedu tokek yang sudah jadi kristal bisa jadi obat apa aja. Itu biasanya kalau tokeknya sudah 4 ons beratnya. Terus, tokek juga katanya bisa jadi obat HIV/AIDS, tapi enggak tahu apanya. Ada yang bilang darahnya, dagingnya, lidahnya,” ujarnya.

About these ads

44 komentar

  1. Saya memiliki 7 ekor tokek 2 ekor yang ukurannya 2 0os 5 ekor lagi sy blum tau berapa ons tp yang jelasnya yang 5 ekor itu di bawah 2 ons beratnya..
    kalau bisa ada yang mau beli dengan harga 4 juta 7 ekor tokek saya maka saya bersedia menjualnya…
    saya tinggalnya di makassar nomor tlpn saya
    – 081242220202
    -04112859528
    terima kasih…


  2. saya punya 6 ekor toke,umur saya 15 thn tp saya sudah ska menangkap toke dari umur 9 tahun pada saat itu saya tidak tau kalau toke mahal harganya jadi hanya saya buat main tapi sekarang karna sudah tau toke bermanfaat jadi saya pelihara,yang saya pelihara hanya 5 ekor yang 1 ekor saya coba lepas di rumah iseng2 buat jaga rumah.


  3. saya punya 5 tokek tadinya ada 6 tp yang satu dilepas buat jaga rumah.beratnya sih kira2 1-2 ons mungkin tokenya stres di buat maen.karna saya masih belum tau banyak tentang toke makanya saya buat kandang toke pake peti.saya dapet toke sama om saya waktu itu dapetnya kaya nangkep maling.ini no saya 02191377904 jakarta,curhat dong tentang toke


  4. Kami membeli tokek / gecho 3 sd 3.5 ons Rp. 100 jt BS
    Ukuran 4.1 ons up Rp. 250jt / ons ditempat
    konfirmasi di http://www.bigtokek.blogspot.com

    BAGI PEMILIK SERIUS DITUNGGU!!!


  5. ada tokek ga? lo jual berapa ?


  6. Nama saya irfan….saya punya cukup banyak toke ukuran badanya sebesar 2 jari orang dewasa…dana ada yang dibawah itu….saya bingung sekali memarkanya…kalo ada yang berminat hubungi….02183440381. Oh iya beratnya +- 1,5 ons….ditunggu konfirmasinya dan kerjasamanya.


  7. ada yg mau beli tokek cuman 2 ons..?? posisi di surabaya
    hub 08819000424
    thanks


  8. Jual tokek 3,2 ons 3 ekor (jogja)
    Jual tokek 2-3 ons krg lbh 50 ekor (malang).
    Nmr yg bisa dihubungi 085647452182 (sms only)


  9. BELI TOKEK
    Rekan2 yg mau transaksi mulai tgl 19 okt, 09,… UPDATE HARGA TERBARU…
    250 gram – 290 gram (min. 5 ekor) = 3 jt/ekor, 300 gram – 340 gram = 30 jt/ekor, 350 gram – 390 gram = 80 jt/ekor, 400 gram – 420 gram = 350 jt/ekor, 430 gram – 490 gram = 500 jt/ekor, 500 gram – 590 gram = 1 Miliar/ekor, 600 gram – 690 gram = 1,5 Miliar/ekor, 700 gram – 790 gram = 2 Miliar/ekor
    KET. Tokek dalam berat timbangan digital (replikasi 2x)
    BAGI PARA BUYER & MEDIATOR BISA NEGO
    TRANSAKSI INI DILAKUKAN SECARA LEGAL HUKUM, BAGI PARA PEMILIK SILAKAN Hub. Arfah/hadrawi Tempat Transaksi Jl. Sidorami 30 A Surabaya. HP. 081334645678, 085853134789, 081938800389 (sms kadang tdk dijawab). Sebelumnya !! Bagi yg mau transaksi SERIUS: Scan Ket. Gambar, berat, jumlah, Surat Pernyataan/ Jaminan ket Tokek tsb benar (tanda tangan & materai 6000), Biodata anda, KTP, Tlp/Hp, kirimkan pada Email: arfah_dea@yahoo.co.id


  10. saya baru tau klo toke mahal….kira” klo toke saya di jual berapa yach???…kurang lebih ukuranya sebesar botol aqua…
    mohon informasinya


  11. gila, beneran nih?! tokek harga selangit/ mahal segitu?
    ratusan ribu hingga ratusan juta?!
    tokek rumahan atau tokek dengan ciri khusus,
    kalau tokek rumahan di rumahku banyak, tapi apa bener tokek yang itu? yang sering di atap rumah?
    trims atas konfirmasinya
    (kokohandoko2008.yahoo.com)


  12. Akhh…. Pokemaakkk..semua!!! Jgn percaya, buyer2 yg pasang2 iklan di internet itu TIPU semua, mreka tuh calo/mediator yg tdk jelas juga ada ato nggak pembelinya. Modal mulut besar aja!!! Harga tinggi???(Katanya puluhan tao ratusan juta untuk 3 Ons keatas?) Hueekkk…3 Ons mentok ditawar 3jt. Akal2 an calo semua!!! Buat teman2 yg mau nyoba2, ga usah deh mending kerja yg lain aja yang jelas ada gaji perbulan. Kalopun anda punya, jgn mau jual ama calo, jual sama org yg memang mau beli.


  13. ak punya tokek 1,8 ons ada yg berminat ga?? 0271-9204899


  14. 2-2,5 ons 5 ekor, 081324194037. transaksi bandung. harga 2 juta/ekor


  15. Harga tokek 3 ons sbnry brp


  16. saya punya tokek berat 1,5 ons (1 ekor), kalo saya jual dihargai brp ya kira2? kalo ada yang berminat bisa hubungi 081231326060 / 78670660 atau email : doni_dmt@yahoo.com (tersedia jg 1 ekor -3,5 ons & 2 ekor- 2,5 ons) simolawang-surabaya


  17. saya punya tokek berat 250 gram, dijual dengan harga 10jt ( bisa nego ) butuh pembeli yang serius, hub wawan 03183893878


  18. aku punya 4 ekor toke/tekek, (2 pasang) siapa mo beli. ukuran kira2 1.5 0n 2 ekor dan 1on 2 ekor……


  19. aku punya 4 ekor toke/tekek, (2 pasang) siapa mo beli. ukuran kira2 1.5 0n 2 ekor dan 1on 2 ekor…… hub. adolah_dolah@yahoo.com


  20. saya punyatokek berat 2,5 ons
    adayang minat saya mau jual cepat
    hub 08979217478


  21. jual tokek 1-2 ons …yang mau beli hubungi
    iwan
    0321-3361595

    posisi barang di jombang jatim…
    siapa cepat dia dapt…


  22. TOKKE wilayah Khusus Makassar :

    Saya Hargai tokke anda dengan nilai yg tinggi
    tidak menerima dibawah 2,5 ons ( kami tidak terima )

    syarat:
    1. Kirim Foto Tokke sertakan bungkus rokok sampurna16
    dan Surya16 , dan keterangan ( isi ) tgl … / bln …. th….
    ( kirim ke : indogecko@gmail.com dan
    indo.gecko@yahoo.com

    2. Jaminan jika barang tidak sesuai dengan permintaan.

    hub 0411-2353235


  23. TOKKE wilayah Khusus Makassar :

    Saya Hargai tokke anda dengan nilai yg tinggi
    tidak menerima dibawah 2,5 ons ( kami tidak terima )

    syarat:
    1. Kirim Foto Tokke sertakan bungkus rokok sampurna16
    dan Surya16 , dan keterangan ( isi ) tgl … / bln …. th….
    ( kirim ke : indogecko@gmail.com dan
    indo.gecko@yahoo.com

    2. Jaminan jika barang tidak sesuai dengan permintaan.

    hub 0411-2353235


  24. saya ada tokek sebanyak 13ekor,bila anda berminat hub saya ke no ini 087756006913.alamat saya pakisrejo srengat blitar.


  25. 1,5ons banyak 150rb/ekor. 081324194037


  26. Saya punya bnyk tokek yg berminat hub saya


  27. Saya punya bnyk tokek.hub ungi saya dinmr ini 03172846635


  28. saya ada tokek 2 ekor, buntut nya bercabang 2.
    ke 2 tokek saya berbuntut cabang, bisa di tes, bukan tiruan, asliiiiiii. . . .
    dengan berat kurang lebih 1.5 – 2ons, buntut 2.
    siapa cepat dia dapat, hanya 2 ekor.


  29. saya ada tokek 2 ekor, buntut nya bercabang 2.
    ke 2 tokek saya berbuntut cabang, bisa di tes, bukan tiruan, asliiiiiii. . . .
    dengan berat kurang lebih 1.5 – 2ons, buntut 2.
    siapa cepat dia dapat, hanya 2 ekor.

    021 – 910 22 558


  30. saya punya tokek beratnya 1.5 – 2.5 ons, yg berminat bisa hub :085646097275. surabaya


  31. Saya memiliki 1 ekor toke dengan berat bersih ± 6,2 ons dgn ciri bintik merah.. yang berminat silahkan menghubungi saya di email eddy_richardo@yahoo.co.id


  32. Makelar tokek daerah surabaya


  33. Jual tokek diatas 3ons daerah bulukumba yg berminat hbg no ini 081342270777


  34. Saya mau jual tokek ukuran dibawah 2 ons, bagi yang berminat hub no ini 081394494822, posisi di bandung


  35. beli tokek ekor cabang harga 500 ribu,tokek 2 ons 200 ribu,posisi surabaya,syarat tokek harus dikirim ketempat saya. berminat hub 085648060078


  36. Bang jose salam tokek lah..nanti kita bisa lewat Cam aja deh yang cepat dan harga tetap diatas 200jt
    oiya ..buat rekan2 yang perlu hasil tambahan
    bisa ikuti di http://www.uangdahsyiat.com
    lumayan hasilnya


  37. Saya Punya tokek yang paling besar dan biasa dinamakan sliro kalau di daerah kami. dan di Indonesia biasa disebut Biawak.


  38. saya punya beberapa tokek, saya ga percaya kalau harga tokek bisa setinggi itu kalau benar ada yang berminat membeli tokek saya punya 5 ekor tapi saya lepas semua dirumah kalau mau hubungi aja


  39. Saya punya toke 8ons


  40. Beli tokek 3 ons ke atas, area khusus surabaya dan sekitarnya. Hub : 087852499119 (Kevin) kalau SMS skalian sama harga n jumlah barang. Kalau cocok pasti di bales kalo tidak cocok gk di bales.. thx 4 the attention.

    JUAL tokek ekor cabang 2, warna coklat bintil abu”. berminat hub. 087852499119.. khusus Surabaya !! harga dah di tawar 85jt !!


  41. di jual cepat tokek rumah warna coklat gelap totol2 orange ke merahan. berat 2,5 – 3 ons.
    hub : 081346202808


  42. Saya cukup Puas dengan info yang di berikan rekan mania juga
    dengan melalui http://www.uangdahsyiat.com
    kini saya bisa mersaakan hasilnya yang cukup besar
    Percaya deh hehehee


  43. Saya bca2 tokek mahal BENER GK? Soalnya aq ada 1 ekor 4ons dah 10tahun lebih tuh tokek. Ada gk yg mau beli d daerh BANDUNG. Katanya rtusan juta?


  44. sekarang ini kami mempunyai Tokek Batu, dg berat 4,2 Ons dan 4,5 Ons. klo ada yang beli silakan SMS ke No 085648082917



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: